Kamis, 26 Mei 2011

devinisi perpustakaan

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
            Belajar adalah proses yang kompleks yang terjadi pada diri seseorang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Interaksi yang terjadi selama proses belajar tersebut dipengaruhi oleh lingkungannya, antara lain terdiri dari murid, guru, petugas perpustakaan, bahan atau materi pembelajaran, dan banyak lagi yang lain yang menjadi pengaruh belajar seseorang.
            Guru adalah komponen terpenting dalam proses pembelajaran siswa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang telah disediakan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.
           
Disamping mampu nenggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran yang akan digunakan apabila media tersebut belum terpenuhi.
            Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan.




1.2. Rumusan Masalah
 Dari uraian latar belakang masalah diatas dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.       Apa saja definisi perpustakaan?
2.       Apa saja tujuan perpustakaan?
3.       Apa saja fungsi perpustakaan?
4.       Ada barapa jenis-jenis perpustakaan dan penggunaanya?
5.       Apakah fungsi perpustakaan sebagai PSB bahasa arab?
1.3. Tujuan Penulisan
Sesuai dengan rumusan masalah diatas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan adalah:
1.       Untuk mengetahui definisi perpustakaan.
2.       Untuk mengetahui tujuan perpustakaan.
3.       Untuk mengetahui fungsi perpustakaan.
4.       Untuk mengetahui jenis-jenis perpustakaan dan penggunaanya.
5.       Untuk mengetahui fungsi perpustakaan sebagai PSB bahasa arab.

  
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 DEFINISI PERPUSTAKAAN
Terdapat beberapa definisi perpustakaan. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, perpustakaan diartikan sebagai “kumpulan buku-buku”.  Dalam bahasa Inggris disebut “library yang berarti perpustakaan. Dalam bahasa Arab disebut "المكتبة" yang berarti tempat menyimpan buku-buku
Menurut istilah ada beberapa pendapat mengenai perpustakaan :
- Menurut IFIA (International Federation of Library Associationsand Institutions)
“Perpustakaan merupakan kumpulan bahan tercetak dan non tercetak dan atau sumber informasi dalam komputer yang tersusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai.”
- Menurut Sutarno NS, M. Si
“Perpustakaan adalah suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung itu sendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemekian rupa sehingga mudah dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk pembaca.”
- Adjat Sakri dkk
“Perpustakaan adalah lembaga yang menghimpun pustaka dan menyediakan sarana bagi orang untuk memanfaatkan koleksi pustaka tersebut.”
- Larasati Milburga, dkk
“Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.”
            Dari beberapa pengertian di atas dapat ditarik suatu kesimpulan pengertian perpustakaan sesecara umum adalah suatu unit kerja yang berupa tempat mengumpulkan, menyimpan dan memelihara koleksi pustaka baik buku-buku ataupun bacaan lainnya yang diatur, diorganisasikan dan diadministrasikan dengan cara tertentu untuk memberi kemudahan dan digunakan secara kontinu oleh pemakainya sebagai informasi.


2.2TUJUAN PERPUSTAKAAN
Pemakai perpustakaan sekolah terbatas, yakni para siswa, guru dan karyawan sekolah yang bersangkutan. Dengan pengadaan bahan pustaka yang menunjang kurikulum, diharapkan para siswa mendapat kesempaten untuk mempertinggi daya serap dan penalaran dalam proses pendidikan, sedangkan kepada guru diharapkan dapat memperluas cakrawala pengetahuannya dalam kegiatan mengajar. Demikian pula bagi para karyawan bukan guru, perpustakaan dapat membantu mereka untuk lebih menghayati tugasnya masing-masing di lingkungan pendidikan sehingga semakin dapat berperan serta. Dengan demikian pengetahuan yang memadai, orang dapat tidak merasa rendah diri, sekaligus dari perpustakaan itu mereka juga memperoleh hiburan yang sehat. Jadi “tujuan perpustakaan sekolah adalah untuk mempertinggi daya serap dan kemampuan siswa dalam proses pendidikan serta membantu memperluas cakrawala pengetahuan guru/karyawan dalam lingkungan pendidikan.”

2.3 FUNGSI PERPUSTAKAAN
Adapun beberapa fungsi perpustakaan adalah sebagai berikut :
a. Membantu para siswa melakukan penelitian dan membantu menemukan keterangan-      keterangan yang lebih luas dari pelajaran yang didapatnya di dalam kelas.
b. Memupuk daya kritis siswa.
c. Membantu memperkembangkan kegemaran dan hobi siswa dengan adanya berbagai buku       tentang keterampilan-keterampilan yang meningkatkan daya kreasi siswa.
d. Tempat untuk melestarikan kebudayaan. Adanya koleksi-koleksi karya sastra dan budaya dari masa ke masa, siswa dapat mempelajari dari perpustakaan.
e. Sebagai pusat penerangan. Berbagai informasi-informasi perkembangan zaman sebagai penerangan bagi siswa untuk berpijak pada zamannya.
f. Menjadi pusat dokumentasi. Berbagi dokumen-dokumen sekolah baik dari hasil karya siswa ataupun dokumen lainnya yang berharga untuk dikenang dan diketahui para siswa tahun-tahun berikutnya bahkan bisa menjadi pendorong untuk maju.
g. Sebagai tempat rekreasi. Bacaan-bacaan ringan, cerita-cerita fiksi yang tersedia di perpustakaan dapat menjadi pelepas ketegangan setelah sekian jam menggeluti ilmu di dalam kelas. Masuk perpustakaan dan membaca bacaan segar merupakan rekreasi yang
sehat dan tetap mendidik.
2.4 JENIS PERPUSTAKAAN DAN PENGGUNAANYA
Untuk lebih dapat memahami pengertian perpustakaan sekolah maka terlebih dahulu kita mengacu kepada jenis-jenis perpustakaan. Dalam lampiran keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal 11 Maret No. 0103/0/1981 jenis-jenis perpustakaan meliputi:
a. Perpustakaan Nasional
Berkedudukan di ibukota negara, berfungsi sebagai perpustakaan
defosit nasional dan terbitan asing dalam ilmu pengetahuan sebagai koleksi nasional, menjadi pusat bibiografi nasional, pusat informasi dan referensi serta penelitian, pusat kerjasama antar perpustakaan di dalam dan di luar negeri.
b. Perpustakan Wilayah
Berkedudukan di ibukota provinsi, sebagi pusat kerja sama antar perpustakaan diwilayah provinsi, menyimpan koleksi bahan pustakayang menyangkut provinsi,semua terbitan di wilayah, pusatpenyelenggaraan pelayanan referensi, informasi dan penelitian dalam wilayah provinsi menjadi unit pelaksana teknis pusat pembinaan perpustakaan.
c. Perpustakaan Umum
Menjadi pusat kegiatan belajar, pelayanan informasi, penelitian dan rekreasi bagi seluruh lapisan maysrakat.
d. Perpustakaan Keliling
Berfungsi sebagai perpustakaan umum yang melayani masyarakat yang tidak terjangkau oleh pelayanan perpustakaan umum.
e. Perpustakaan Sekolah
Berfungsi sebagi pusat kegiatan kegiatan belajar-mengajar, pusat penelitian sederhana, pusat baca, guna menambah ilmu pengetahuan dan rekreasi.
f. Perpustakaan Perguruan Tinggi
Berfungsi sebagai sarana kegiatan belajar-mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
g. Perpustakaan Khusus/Dinas
Berfungsi sebagai pusat referensi dan penelitian serta sarana untuk memperlancar tugas pelaksanaan instansi/lembaga yang bersangkutan.


2.5  PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
a.       Sumber informasi
Perpustakaan menyediakan buku-buku, artikel-artikel yang berkaitan dengan kebudayaan, adat-istiadat, kebahasaan masyarakat arab. Sehingga siswa bisa memperoleh informasi yang berkaitan dengan hal-hal tersebut tanpa harus mengunjungi Negara-negara arab.
b.      Menganalisis dan mengevaluasi informasi
Memahami bahan yang dibaca, membedakan antara opini dan fakta. Menginterpretasi informasi baik yang mendukung maupun yang berlawanan.
c.       Menggunakan informasi
Memanfaatkan intisari informasi untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Menggunakan informasi dalam diskusi. Dan menyajikan informasi dalam bentuk tulisan.
  
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
            PERPUSTAKAAN adalah suatu unit kerja yang berupa tempat mengumpulkan, menyimpan dan memelihara koleksi pustaka baik buku-buku ataupun bacaan lainnya yang diatur, diorganisasikan dan diadministrasikan dengan cara tertentu untuk memberi kemudahan dan digunakan secara kontinu oleh pemakainya sebagai informasi.
TUJUAN PERPUSTAKAAN adalah untuk mempertinggi daya serap dan kemampuan siswa dalam proses pendidikan serta membantu memperluas cakrawala pengetahuan guru/karyawan dalam lingkungan pendidikan.
FUNGSI PENDIDIKAN:
@ Membantu para siswa melakukan penelitian dan membantu menemukan keterangan-  keterangan yang lebih luas dari pelajaran yang didapatnya di dalam kelas.
@  Memupuk daya kritis siswa.
@  Membantu memperkembangkan kegemaran dan hobi siswa
@  Tempat untuk melestarikan kebudayaan.
            JENIS-JENIS PERPUSTAKAAN
1. Perpustakaan nasional                       2. Perpustakaan wilayah
3. Perpustakaan umum              4. Perpustakaan keliling
5. Perpustakaan sekolah                       6. Perpustakaan perguruan tinggi
7. Perpustakaan dinas
PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
v  Sumber informasi
v  Menganalisis dan mengevaluasi informasi
v  Menggunakan informasi

Daftar pustaka :
1.      media.diknas.go.id/media/document/4275.pdf
2.      Arsyad, azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
3.      Pidarta, made. 1990. Cara Belajar Mengajar Di Universitas Nagara Maju. Jakarta: Bumi Aksara
4.      Danim, sudarwan. 1994. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar